file_2013-07

January 8, 2018 | Author: Anonymous | Category: Seni & Humaniora, Communications, Iklan
Share Embed Donate


Short Description

Download file_2013-07...

Description

1. Konsumen dan Prilakunya  Untuk membangun B2C yang berhasil, perlu diketahui

siapa saja pelanggan yang berpotensi. Dengan demikian, perusahaan atau toko-toko dapat mempersiapkan strategi pasar dan periklanan berdasarkan informasi tersebut.  Setelah mengetahui pelanggan yang berpotensi, maka dapat ditentukan barang-barang apa saja yang diinginkan oleh sekelompok konsumen tertentu. Hal in imerupakan peran utama dari penelitian pasar.

2. Penelitian Pasar  Penelitian pasar dilakukan secara offline, dengan tujun

untuk mengetahui apa motivasi konsumen melakukan pembelian barang.  Hal ini dilakukan dengan membangun suatu model di internet untuk mengetahui hal apa yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu barang.  Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa dua hal yang mempengaruhi pelanggan dalam membeli barang adalah individu konsumen itu sendiri dan faktor lingkungan.  Hal ini semakin memperjelas bahwa banyak hal yang perlu diketahui penjual dari pelanggan-pelanggannya, seperti yang dibahas berikutnya.

a) Tanyakan Pelanggan Apa yang Diinginkan  Untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan, suatu perusahaan dapat menggunakan media internet yang menyediakan cara yang cepat dan mudah untuk hal ini.  Cara termudah adalah dengan meminta pelanggan untuk mengisi form elektronik atau pertanyaan elektronik melalui internet.  Namun, tidak semua pelanggan akan bersedia mengisi atau menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Hal ini membuat perlu ada cara lain untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan.

b) Menelusuri Aktivitas Pelanggan di Web  Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan adalah dengan mengamati kegiatan pelanggan di internet.  Penelusuran terhadap kegiatan pelanggan dilakukan berdasarkan cookies atau pendekatan lainnya.  Salah satu tools yang sangat menarik digunakan untuk menelusuri pelanggan adalah intelligent agents, yang juga memberikan bantuan terhadap pelanggan dalam berbelanja disamping menelusuri kegiatan pelanggan di internet.

3. E-Commerce Intelligent Agents  Agen adalah program komputer yang menjalankan tugas-

tugas, melakukan pencarian dan memperoleh informasi, mendukung pengambilan keputusan dan bertindak sebagai ahli.  Terdapat berbagai macam jenis agent, mulai dari software agent yang tidak memiliki keahlian sampai dengan learning agent yang menunjukkan keahlian.  Agent dengan keahlian berbeda dengan mesin pencari (search engine). Agent dengan keahlian menggunakan ahli dan basis data pengethuan, serta kemampuan untuk bertindak lebih dari sekedar mencari dan menyocokkan.

Cont… 1. Agent Pencari dan Penyaring (Search and

Filtering Agents) Suatu agent dapat membantu pelanggan untuk memutuskan produk atau barang apa yang terbaik sesuai dengan profil dan kebutuhan pelanggan.

Cont… 2. Agent Pencari Produk dan Perusahaan (Product-

and-Vendor-Finding Agents)  Agent juga dapat membantu pelanggan dalam

melakukan perbandingan harga disaat seorang pelanggan telah mengetahui inign membeli barang apa.  Pada situasi tersebut, agent akan mencarikan perusahaan-perusahaan yang menjual barang tersebut, dan membantu melakukan perbandingan harga dari barang-barang yang ditemukan.

Cont… 3. Membuat Profil Pelanggan dengan

Menggunakan Intelligent Agents (Profiling Customers using Intelligent Agents)  Perusahaan-perusahaan mengumpulkan informasi

tentang pelanggan dengan tujuan untuk membuat profil dari pelanggan-pelanggan tersebut.  Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan agent.

6. Pengiklanan Online  Pengiklanan adalah suatu usaha untuk menyebar luaskan

informasi denga ntujuan untuk mempengaruhi transaksi penjualan dan pembelian. Pengiklanan secara online melalui internet, dinilai memiliki kelebihan dibandingkan dengan pengiklanan secara tradisional. Kelebihan-kelebihan tersebut diantaranya :  Iklan di internet dapat diperbarui kapan saja dengan biaya yang

kecil.  Iklan di internet dapat menjangkau pembeli lebih luas, bahkan ke seluruh dunia.  Biaya iklan di internet lebih kecil dibandingkan dengan iklan di media cetak, radio dan televisi.  Penggunaan internet semakin berkembang cepat, sehingga akan lebih baik menempatkan iklan di internet dimana penggunanya atau pengunjungnya akan semakin bertambah.

View more...

Comments

Copyright � 2017 NANOPDF Inc.
SUPPORT NANOPDF