Program Diploma Bahasa Perancis

January 9, 2018 | Author: Anonymous | Category: Seni & Humaniora, Communications, Iklan
Share Embed Donate


Short Description

Download Program Diploma Bahasa Perancis...

Description

Pedoman Assessments Mata Kuliah

Copywriting

Disusun oleh: WISNU YUDHA WARDANA

Program Diploma Bahasa Perancis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta 2012

I.

II.

III.

Pertemuan I a. Tugas: i. Buatlah daftar copy dalam kampanye iklan suatu produk dalam berbagai bentuk media yang berbeda. Susun daftar anda dengan menyertakan foto dari iklan-iklan tersebut. Pertemuan II a. Tugas: i. Buatlah resume tentang salah seorang tokoh copywriter dan desainer iklan yang didokumentasikan dalam film “Art and Copy” dan buatlah review tentang proses penciptaan dan karya iklan mereka. panjang tulisan maksimal 2 halaman, menggunakan font Tiems new roman ukuran 12. Pertemuan III a. Gambar dan Pertanyaan yang dilontarkan dalam diskusi:

i. 1. Pertanyaan: a. Kata apa yang teripikir oleh anda saat melihat gambar tersebut? b. Gagasan apakah yang terlintas dalam pikiran anda? c. Bila saya menambahkan gagasan tentang keluarga dalam gambar tersebut? d. Gambar apakah yang mungkin ditambahkan untuk menunjukkan gagasan anda tersebut?

ii. 1. Pertanyaan: a. Apa yang bisa anda ceritakan dari gambar di atas? b. Apabila gambar tersebut adalah gambar dari iklan sebuah produk minyalk wangi, apa yang bisa anda ceritakan tentang minyak wangi tersebut berdasarkan gambar di atas?

iii. 1. Pertanyaan: a. Apa fungsi teks berikut dalam keseluruhan makna image iklan di samping?

iv. 1. Pertanyaan: a. Apa fungsi teks berikut dalam keseluruhan makna image iklan di samping? IV.

Pertemuan IV a. Gambar, Video dan Pertanyaan yang dilontarkan dalam diskusi: i. Apa yang anda pikirkan tentang istilah “Menjual cerita tentang barang, bukan barang”? ii. Apa yang sebenarnya dibeli orang saat membeli gelang Power Balance? Apakah semata-mata fungsinya sebagai (konon) gelang kesehatan atau ada hal-hal yang lain yang dibeli konsumen sehingga mau membeli barang tiruannya juga? iii. Cuplikan iklan “Indomie versi ceritaku ceritamu. 1. Pertanyaan: a. Konsep apakah yang dieksplorasi oleh iklan tersebut? iv. Gambar apakah yang terpikir oleh anda, untuk mendukung copy berikut ini? 1. Renew your vitality with Sports Xtreme, the mineral-enriched shower gel with the natural power to transform your energy levels, leaving you invigorated, refreshed –and ready for total action.” b. Tugas:

i. 1. Pertanyaan: a. Ambillah satu produk sabun mandi dan jadikan produk tersebut menjadi “Seksi”, atau paling tidak berilah sentuhan emosi dengan suatu copy yang inspiratif dan mudah diingat. V.

Pertemuan V a. Gambar dan pertanyaan yang dilontarkan dalam diskusi?

i. 1. Pertanyaan: a. Apa yang diceritakan oleh gambar iklan di atas tentang produk PANZANI di atas?

ii. 1. Pertanyaan: a. Pesan apa yang diceritakan oleh gambar iklan di atas?

iii. 1. Pertanyaan : a. Apa yang diceritakan oleh gambar iklan di atas?

VI.

b. Tugas: i. Buatlah sebuah cerita tentang suatu tempat, restoran, kafe, desa wisata, atau objek wisata lain dan buatlah konsep iklan tempat tersebut berdasar cerita yang anda buat. Jangan lupa, lengkapi pula dengan gambar untuk memperkuat narasi iklan yang anda buat. Pertemuan VI a. Gambar dan pertanyaan yang dilontarkan dalam diskusi?

i.

1. Pertanyaan: a. Siapakah audiens (konsumen) yang diinginkan menerima pesan iklan-iklan ini? b. Bagaimana anda bisa mengidentifikasi audiens yang dituju iklan ini?

VII.

b. Tugas: i. Ikuti gaya iklan majalah The Economist di atas, dan buatlah beberapa copy untuk iklan produk majalah Umagazine dengan brief berikut: 1. U Magazine memantapkan diri sebagai majalah lifestyle. 2. Majalah ini membidik kalangan pria, urban profesional, muda, smart, progresif. 3. Rubrik yang tersaji terkait dengan dunia dan gaya hidup pria, seperti hobi dan isi ruang. Waktu mengerjakan adalah 30 menit. Anda bisa menggunakan semua macam sumber daya yang anda miliki saat ini untuk mencari informasi maupun inspirasi terkait dengan tugas ini. Harap anda menjaga ketenangan saat bekerja. Pertemuan VII. a. Gambar dan pertanyaan yang dilontarkan dalam diskusi.

i. 1. Pertanyaan: a. Pengetahuan produk apakah yang dieksplorasi dalam iklan ini?

ii. 1. Pertanyaan : a. Informasi produk apakah yang dieksplorasi dalam iklan ini?

iii. 1. Pertanyaan: a. Informasi produk apakah yang dieksplorasi dalam iklan ini?

iv. 1. Pertanyaan: a. Informasi produk apakah yang dieksplorasi dalam iklan ini? b. Tugas:

i.

VIII.

IX.

Gunakan kata-kata yang menarik dan gunakanlah beberapa gambar untuk membuat iklan yang berisi ajakan untuk menggunakan moda transportasi yang ramah lingkungan, menyehatkan, dan hemat. Waktu mengerjakan adalah dua hari, karya harus sudah dikumpulkan lusa, pada pukul 20.00 WIB. Ujian Mid Semester. a. Soal Ujian: i. Buatlah iklan paket wisata anak-anak di Desa Wisata Candran dalam bentuk booklet, berupa satu lembar kertas A4 bolak-balik yang dibagi tiga halaman lipat. ii. Gunakanlah gambar dan kata-kata yang menarik untuk menyampaikan pesan anda. Informasi tentang Desa Wisata Candran dapat anda akses pada www.koncotani.wordpress.com. iii. Anda bebas mengakses bank data Laboratorium Prodi Bahasa Perancis SV-UGM untuk mengambil materi foto yang anda perlukan. iv. Perhatikan segala pengetahuan dan informasi produk dan segmentasi audiens iklan ini. v. Tugas dikumpulkan dalam tiga versi, Versi Bahasa Perancis.dan Versi Bahasa Indonesia. vi. Tugas dikumpulkan paling lambat minggu depan pada pukul 13.00 WIB di ruang Admin Prodi. Pertemuan IX a. Tugas: i. Tugas dilakukan berkelompok, peserta mata kuliah dibagi dalam tiga kelompok. ii. Lakukan survey singkat tentang media iklan yang dipakai oleh Kalimilk, terutama iklan melalui media sosial. iii. Lakukan wawancara pada pengunjung kedai susu Kalimilk dan carilah informasi dan data mengenai: 1. Alasan seseorang memilih untuk membeli susu di Kedai Susu Kalimilk. 2. Apa keunggulan Kedai Susu Kalimilk dibanding Kedai Susu lain menurut para pengunjung yang anda wawancara.

X.

iv. Buatlah iklan untuk Kedai Susu yang akan dibuka sebagai kompetitor Kedai susu Kalimilk. v. Tugas dikumpulkan pada saat kuliah minggu depan. Pertemuan X a. Gambar iklan dan pertanyaan saat diskusi:

i. 1. Pertanyaan: a. Bentuk retorika apa yang digunakan dalam iklan ini? b. Apa yang diceritakan iklan ini tentang objek iklan?

ii.

1. Pertanyaan: a. Bentuk retorika apa yang digunakan dalam iklan ini? b. Apa yang diceritakan iklan ini tentang produk?

iii. 1. Pertanyaan: a. Bentuk retorika apa yang digunakan dalam iklan ini? b. Apa yang diceritakan iklan ini tentang produk?

iv. 1. Pertanyaan: a. Bentuk retorika apa yang digunakan dalam iklan ini? b. Apa yang diceritakan iklan ini tentang produk?

v. 1. Pertanyaan: a. Bentuk retorika apa yang digunakan dalam iklan ini? b. Apa yang diceritakan iklan ini tentang produk?

vi. 1. Pertanyaan: a. Bentuk retorika apa yang digunakan dalam iklan ini? b. Apa yang diceritakan iklan ini tentang produk? XI.

Pertemuan XI a. Gambar dan pertanyaan yang dilontarkan dalam diskusi:

i. Gambar: 1. Pertanyaan: a. Tunjukkan identitas kelas sosial yang diambil oleh iklan ini

ii. Film Iklan Rokok Gudang garam Djaja, Sejati dan Dji Sam Soe 1. Pertanyaan: a. Apa sajakah hal-hal dalam ketiga iklan tersebut yang membedakan ketiga produk rokok tersebut? b. Apakah audiens (segmentasi konsumen) ketiga iklan itu berasal dari kelas sosial yang sama? *bila mahasiswa tidak mengeluarkan pernyataan tentang perbedaan segmentasi konsumen. c. Citraan apa sajakah yang menunjukkan perbedaan itu? XII.

XIII.

Pertemuan XII a. Tugas: i. Buatlah review tentang salah satu iklan yang proses pembuatannya didokumentasikan dalam film “Art and Copy”. Tugas dikumpulkan besok siang di kantor Prodi Bahasa Perancis SV-UGM, paling lambat pukul 12.00 Pertemuan XIII Penjelasan Tugas akhir: Buatlah sebuah presentasi konsep iklan Jamu secara berkelompok dengan Brief sebagai berikut: 1. Setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang anggota. 2. Target audiens adalah anak muda, kelas menengah, urban dan modern. 3. Gunakan permainan kata dalam Bahasa Perancis dan image yang menarik untuk meningkatkan awareness audiens pada produk atau Brand sekaligus mendapatkan efek persuasi bahwa minum jamu adalah bagian dari gaya hidup anak muda yang cerdas, trendy dan seksi dalam iklan tersebut. 4. Lengkapi presentasi anda dengan sebuah poster dari konsep iklan yang anda kembangkan yang dicetak pada kertas ukuran A4 sebagai iklan yang akan dipasang pada satu halaman penuh majalah gaya hidup anak muda (iklan pada majalah memungkinkan anda untuk

5.

6. 7. 8.

menempatkan artikel pendek untuk memperjelas pesan yang anda sampaikan lewat iklan tersebut). Anda diberikan waktu satu minggu untulk mencari konsep iklan dan dipresentasikan minggu depan di depan kelas untuk mendapatkan penilai dan masukan untuk melakukan revisi iklan. Pada pertemuan minggu berikutnya, anda dipersilahkan mempresentasikan konsep visual dan teks-teks yang anda tawarkan. Pada pertemuan berikutnya, anda mengumpulkan hasil karya anda sebagai tugas akhir semester. Tugas dikumpulkan dalam dua versi, Versi Bahasa Perancis.dan Versi Bahasa Indonesia.

View more...

Comments

Copyright � 2017 NANOPDF Inc.
SUPPORT NANOPDF