v. gambaran umum minute maid pulpy

January 8, 2018 | Author: Anonymous | Category: Seni & Humaniora, Communications, Iklan
Share Embed Donate


Short Description

Download v. gambaran umum minute maid pulpy...

Description

V. GAMBARAN UMUM MINUTE MAID PULPY 5.1.

Sejarah Minute Maid Pulpy Pada tahun 1945, The National Research Corporation (NRC) Boston,

Massachusetts, Amerika Serikat, mengembangkan minuman sari buah jeruk dalam bentuk bubuk dari buah jeruk asli untuk keperluan US Army selama masa perang. Tentara Amerika Serikat memerlukan 227.000 kg konsentrat jus jus jeruk untuk digunakan dalam perang sehingga NRC mendirikan sebuah cabang usaha baru yaitu The Florida Food Corporation. Cabang usaha ini didirikan oleh John M. Fox. Perusahaan ini memenangkan kontrak dengan pemerintah senilai US$ 750.000. Kemudian perang berakhir dan kontrak dibatalkan sebelum pabrik pertama dapat didirikan. Tetapi dengan investasi, perusahaan dapat bergerak maju dengan produk tersebut. Dari pada menjual bubuk ke pasar, perusahaan memutuskan untuk membuat konsentrat jus jeruk dalam bentuk beku, menggunakan proses yang menghilangkan 80 persen air dalam jus jeruk. Sebuah firma pemasaran di Boston mengusulkan sebuah nama untuk produk ini yaitu Minute Maid yang berarti cepat dan mudah disajikan. Pada bulan April 1946, perusahaan berganti nama Vacuum Foods Corporation dengan dana terbatas untuk periklanan. Fox membagikan sampel produk secara gratis dengan sistem door to door sampai permintaan terhadap produk tersebut meningkat. Hal ini kemudian menjadikan perusahaan sebagai perusahaan sukses berskala nasional. Kemudian tahun 1949, perusahaan mengadopsi nama menjadi Minute Maid Corporation. Minute Maid kemudian dibeli oleh Coca-Cola pada tahun 1960. Pada tahun 1967, Minute Maid dipindahkan ke Houston, Texas dan digabungkan dengan Duncan Foods untuk membentuk divisi The Coca-Cola Foods. Pada tahun 1973, perusahaan meluncurkan minuman ready to drink pertama kalinya yaitu produk jus jeruk dingin di Amerika Serikat. Dan bersaing dalam produk yang sama dengan perusahaan Tropicana. Tahun 1985, The Coca-Cola Company membeli sebuah bangunan kantor dari Bechtel corporation di 2000 St. James Place di Houston yang kemudian ditempati oleh Minute Maid sebagai kantor mereka yang baru. Tahun 1966, Minute Maid Corporation berganti nama menjadi

37

The Minute Maid Company. The Coca-Cola Company menjual produk jeruk Minute Maid di Florida tahun 1997. Tahun 2001, divisi Minute Maid dalam Coca-Cola meluncurkan merek Simply Orange. Divisi Minute Maid telah melakukan merger secara utuh dengan Coca-Cola Amerika Utara pada tahun 2003. Di bulan Januari tahun 2008, Minute Maid mengumumkan kepindahan kantor utamanya ke Sugar Land, Texas. Kantor utamanya berlokasi di pusat kota Sugar Land dan mulai dibuka pada bulan Februari 2009. Saat ini berbagai produk minuman Minute Maid Pulpy sudah dijual di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Minute Maid Pulpy mulai diperkenalkan di Indonesia dengan diluncurkannya Minute Maid Pulpy Orange tahun 2008 oleh PT Coca-Cola Amatil Indonesia. Minute Maid Pulpy Orange sendiri telah mencatat kesuksesan di berbagai negara seperti China dan India, sebelum diperkenalkan ke Indonesia. Selanjutnya, pada tahun 2011, PT Coca-Cola Bottling Indonesia meluncurkan Minute Maid Pulpy O’Mango dan Minute Maid Pulpy Tropical. Melihat kesuksesan peluncuran ketiga produk unggulannya, pada tahun 2012 PT Coca-Cola meluncurkan kembali produk Minute Maid Pulpy Lemon dengan sensasi rasa yang lebih asam dari ketiga rasa Minute Maid Pulpy. 5.2.

Desain Khusus Minuman sari buah Minute Maid Pulpy didesain secara khusus baik dari

tampilan luar, rasa buah yang khas, hingga proses menempatkan diri dalam pasar. Adapun desain khusus dari Minute Maid Pulpy diantaranya: 1.

Produk Minute Maid Pulpy dikemas dalam botol plastik (polyethylene

terephalate/PET) dengan ukuran 350 ml dan 1000 ml. Kemasan Minute Maid Pulpy didominasi oleh warna orange dan gambar buah jeruk yang mewakili rasa dari minuman tersebut. Pada kemasan terdapat logo yang berbentuk dua persegi panjang yang saling berhimpitan. Persegi panjang atas memiliki latar warna hitam dengan tulisan ‘Minute Maid’ berwarna putih. Sedangkan pada persegi panjang bawah terdapat tulisan ‘Pulpy Orange’ berwarna putih dengan background berwarna orange. Di sela-sela gambar jeruk pada kemasannya terdapat tulisan ‘kaya vitamin C dan bulir jeruk asli’, dimana tulisan tersebut menginformasikan 38

kepada konsumen tentang kelebihan minuman tersebut yaitu bulir jeruk yang ada di dalamnya serta memberikan kesegaran dan kaya akan vitamin C. Untuk varian rasa Tropical dan Mango, backround sama dengan Minute Maid Pulpy Orange. Perbedaannya pada Minute Maid Pulpy Orange tulisan ‘Pulpy Orange’ diganti dengan tulisan ‘O Mango’ dan ‘Tropical’ dengan background warna hijau dan ungu. 2.

Harga Berdasarkan survei yang dilakukan pada pertengahan November 2012,

harga eceran Minute Maid Pulpy adalah Rp 6.300,00,- per botol sedangkan harga di tingkat penjual adalah Rp 126.000.00,- per karton (24 botol). Harga untuk semua varian rasa adalah sama. 3.

Product Positioning Product positioning merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh

marketer untuk membuat cita rasa pada produknya yang ingin ditawarkan kepada pasar sasarannya. Sehingga pada akhirnya mampu untuk memperoleh persepsi yang jelas dan mengandung arti dalam benak konsumen sasaran. Minute Maid Pulpy secara global diposisikan sebagai minuman jus segar alami yang menawarkan rasa yang tidak tertandingi dengan kehadiran bulir jeruk asli. Konsumen mengenal Minute Maid Pulpy dengan consumer position-nya “Refreshingly Orange, Surprisingly Pulpy”. 5.3.

Distribusi Sejak tahun 2008, Minute Maid Pulpy telah dipasarkan secara nasional.

Distribusi juga telah beredar di seluruh Indonesia. Minute Maid Pulpy didistribusikan melalui Jaringan Distribusi Tak Langsung (Indirect Distribution) berbasis Usaha Kecil dan Menengah (UMK) melalui Manage Third Party (MTP) model. Sementara itu, melalui saluran Modern Immediate Consumption (MIC), Minute Maid Pulpy didistribusikan ke berbagai hotel, restoran, dan cafe. 5.4.

Promosi Salah satu cara untuk mempermudah mengenalkan suatu produk terhadap

konsumen adalah melalui sarana promosi. Berikut penjelasan beberapa bentuk promosi Minute Maid Pulpy:

39

1.

Televisi Televisi digunakan sebagai media utama dalam mempromosikan Minute

Maid Pulpy. Hal ini karena televisi memiliki jangkauan yang luas, bentuk tiga dimensi, dan awarness cepat. Kemampuan audio visualnya yang sangat bagus cocok

untuk

mengaplikasikan

iklan

Minute

Maid

Pulpy

yang

dapat

membangkitkan keinginan konsumen untuk mengkonsumsi minuman tersebut. 2.

Billboard Billboard merupakan salah satu media promosi yang dipasang di jalan-

jalan strategis dimana banyak konsumen yang sering melewati jalan tersebut. Visual iklan Minute Maid Pulpy dibuat agar menarik sehingga memiliki kekuatan yang membuat konsumen aware terhadap brand tersebut. 3.

Vehicle Wrapping (bus iklan) Vehicle Wrapping (bus iklan) cukup efektif untuk menjangkau konsumen

yang sering berada di luar ruangan. Bus iklan memiliki sasaran pengguna kendaraan, dan orang yang sering melewati jalan raya. Mobilisasinya yang tinggi memungkinkan iklan untuk dilihat oleh konsumen yang lebih banyak lagi. 4.

Koran dan Tabloid Penempatan print add Minute Maid Pulpy di koran dan tabloid dapat lebih

menjangkau konsumen. Hal ini karena penetrasinya cukup tinggi di kalangan konsumen. Karakter koran dan tabloid yang memiliki harga yang cenderung ekonomis, relatif singkat, peredaran cepat, serta memungkinkan koran dan tabloid dengan mudah dapat berpindah tangan dan dibaca oleh siapa saja. 5.

Majalah Penempatan iklan Minute Maid Pulpy di majalah dapat lebih mendekatkan

produk tersebut kepada pembaca dengan alasan karakteristik majalah yang memiliki usia panjang dan keterlibatan yang tinggi. 6.

Radio Radio digunakan sebagai alat utama promo kegiatan tertentu. Radio yang

dipilih adalah radio lokal agar langsung didengar oleh local audience untuk menciptakan kedekatan merek dengan konsumen. Selain itu, radio juga digunakan dalam tactical campaign yaitu acara khusus di bulan puasa.

40

5.5.

Strategi Promosi Khusus Untuk mencapai keuntungan maksimum, dipelukan strategi untuk

mempromosikan suatu merek agar produknya dikenal oleh masyarakat. Salah satu teknik yang digunakan melalui strategi sales promotion. Sales promotion merupakan suatu teknik promosi yang menggunakan pemberian insentif untuk mendatangkan nilai merek yang lebih tinggi kepada konsumen, penjual, atau distributor. Promosi penjualan dibedakan menjadi dua, yaitu promosi penjualan yang berorientasi kepada konsumen dan promosi penjualan yang berorientasi kepada perdagangan. Promosi penjualan yang berorientasi kepada konsumen ditunjukkan kepada pengguna akhir suatu produk yang mencakup pemberian kupon, pemberian sample product, potongan harga, undian berhadiah, kontes, dan lainlain. Instrumen promosi ini dapat menarik minat konsumen, untuk membeli sehingga dapat meingkatkan nilai penjualan perusahaan. Promosi penjualan yang berorientasi kepada perdagangan ditunjukkan kepada pihak perantara pemasaran, seperti: retailer, pedagang besar, dan distribusi. Adapun cara yang dilakukan pada sales promotion seperti: perlombaan antaragen, izin perdagangan, point of purhase display, program pelatihan, pameran produk, dan cooperative adverticement. Bentuk promosi seperti ini bertujuan untuk mendorong pedagang mempersiapkan stok serta untuk dapat mempromosikan produk tersebut dengan baik. Adapun rincian beberapa teknik sales promotion diantaranya: 1.

Product Sampling Sampling telah dilakukan untuk mempromosikan Minute Maid Pulpy.

Adapun tujuannya untuk mengingat suatu produk yang nantinya akan menjaring konsumen baru yang menyukai Minute Maid Pulpy dan loyal terhadap minuman tersebut. Product sampling dilakukan di dua titik penting, yaitu in store dan pada saat diadakan event tertentu baik yang diadakan sendiri maupun dalam rangka mensponsori sebuah event.

41

2.

Potongan Harga di Toko Potongan harga biasanya dilakukan di beberapa toko, supermarket, atau

hypermarket pada bulan tertentu, misalnya bertepatan dengan peringatan hari raya besar Idul Fitri, Hari Natal, menyambut tahun baru, dan lain-lain. 3.

Program “beli 3 gratis 1” Promo “beli 3 gratis 1” juga dikalukan oleh pihak perusahaan di beberapa

toko, supermarket, atau hypermarket. Tujuannya untuk meningkatkan minat konsumen agar melakukan proses pembelian serta mendorong penjualan agar lebih cepat. Promo ini juga didukun oleh materi promosi berupa standing banner di pintu masuk toko, dan wobbler yang ditempel di rak display produk. 4.

Point of Purchase (POP) Display POP Display merupakan ragam display yang ditempatkan di tempat

pembelian atau retail yang bertujuan menarik perhatian konsumen terhadap produk yang menjadi objek promosi. Kegiatan ini mendukung tujuan pemasaran Minute Maid Pulpy untuk mendapatkan perhatian konsumen di lokasi pembelanjaan dan pembelian yang tidak terencana. POP Display menjadi sangat penting karena mayoritas konsumen membuat keputusan pembelian ketika berada di toko ataupun di tempat pembelanjaan tersebut. POP juga disajikan pada saat event berlangsung. POP Display dapat berupa penyediaan stand booth, standing banner, dan beberapa orang SPG yang bertujuan membagikan sample ataupun melakukan personal selling.

42

View more...

Comments

Copyright � 2017 NANOPDF Inc.
SUPPORT NANOPDF